RSS

Membuat Template di Blogger

07 Aug

no previewSelamat siang…. Pernah bosen dengan template bloger yang cuma itu-itu aja??
Pasti sering donk, udah nyari-nyari template bloger buat theme blog yang baru, tapi yang ada template blogspot cuma itu-itu aja. Monoton dan nggak ngeh sama keinginan hati. Huh pasti berakibat jadi males posting dsb, alhasil rank web jadi menurun drastis. Wah berabe tuch. Hanya gara-gara theme blogspot yang gak sreg ma kita rank blog jadi amblas… ish..ish..ish…
Tapi, skarang udah nggak jamannya lagi template bloger cuma itu-itu aja. Mau tau?? Cekidot deh…

Saat ini blogger udah ngeluarin aplikasi baru yang mana aplikasi ini digunakan untuk merancang template blog sesuka hati kita. Bisa ganti tulisan, background, tipe kolom blog, link dsb. TANPA kita harus berurusan dengan script templatenya. Pasti dah males kan kalo liat script template blogspot yang pake XML itu. Kayaknya emang belum bener-bener resmi dirilis seeh. Terbukti aplikasi ini masih memakai subdomain

http://draft.blogger.com/

Merupakan sebuah aplikasi baru dari blogspot yang seperti saya jelaskan diatas bahwa kita bisa merubah, memanipulasi theme blogspot kita tanpa harus berurusandengan script XML penyusun themenya. Sekilas memang tampilan sama dengan halaman Dashboard waktu login di blogspot. Tapi coba pilih menu Tata letak / Layout maka temen-temen akan menemukan link tambahan yakni Tempalte Designer / Perancang Template.

Ada bebrapa menu dalam halamn tersebut yang dapat kita gunakan untuk memodifikasi tempalt yakni :

  • Templates
    Merupakan menu yang menyediakan template-template daman kita disiruh memilih template yang ingin kita pakai untuk default blog kita.
  • Background
    Merupakan menu yang bisa kita gunakan untuk mengganti background blog kita, dimenu tersebut sudah disediakan ratusan background, jadi teman-teman bisa memilih background kesukaan temen-temen sendiri.
  • Layout
    Merupakan menu yang menyediakan tampilan ato layout bloh kita nanti, mau pake 3 kolom 2 kolom atau yang lain.
  • Advanced
    Merupakan menu yang bisa kita gunakan untuk mengatur konfigurasi text, link, widget dan lain sebagainya pada blog kita.

Apabila kita sudah selsai memanipulasi ato memilih konfigurasi template yang telah kita buat tadi jangan lupa untuk menyimpanya terlebih dahulu. Klik button “Apply To Blog” di sisi kanan atas. Dan silahkan teman-teman lihat hasil template modifikasi teman-teman sendiri. Selamat mencoba

 
Leave a comment

Posted by on August 7, 2012 in Technology Information

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: